Halaman Yang Ada Di Blog-ku

Senin, 17 Desember 2012

Tugas Akhir Semester (Karya Ilmiah Remaja) - Essay Tentang SMA Negeri 1 Bojonegoro



ESAI TENTANG PELAJAR
Smansabo itu..














Disusun Oleh:
INDRIYANTI AGUSTINA PUTRI (XI-IPA 1/9369)


SMA NEGERI 1 BOJONEGORO
Jl. Panglima Sudirman No. 28 Bojonegoro Telp.( 0353 ) 881574, ( 0353 ) 889503
DESEMBER 2012

                                                                                             




PEMBUKAAN
            Siapa yang tidak mengenal SMA Negeri 1 Bojonegoro? Sekolah yang masih menjadi primadona para murid dan orang tua berebut ingin menyekolah kan anaknya di SMA yang kini menyandang status RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional).
            Dalam setiap tahun pembelajaran akan ada sekitar 256 murid baru yang diterima dan lulus pada jumlah yang sama. Yang diterima akan belajar sebagai 256 anak yang bisa dibilang unggul di Bojonegoro, dan yang lulus akan meraih masa depan yang baik dengan almamater yang sekelas RSBI.
            Lalu sebenarnya, bagaimana pendapat para pelajar SMA Negeri 1 Bojonegoro tentang sekolahan mereka sendiri yang menjadi tempat mereka menimba ilmu selama 3 tahun untuk menuju ke Universitas?





















                                                                                                                                                                        







SMANSABO ITU...

                Maaf sebelumnya, kalau esai saya ini akan jadi seperti buku diary atau status facebook dimana akan ada pendapat yang terurai panjang lebar, namun memang beginilah menurut saya Smansabo itu..
SMA Negeri 1 Bojonegoro atau yang biasa disebut SMANSABO nih, merupakan sekolah Rintisan sekolah berstandart Internasional atau Er-Es-Be-i, yang entah kapan bakalan berubah status menjadi sekolah RSBI *ups! Padahal kalau ditilik dari sarana dan prasarana, kita memadahi. Dari kualitas murid-muridnya, semua murid Smansabo itu pinter! Kegiatan belajar mengajar, dari pagi sampek sore. Lalu apa sebenernya yang membuat Smansabo belum mampu menjadi sekolah International. Oke, anggaplah bukan status RSBI yang kita inginkan. Anggap ini intronspeksi diri saja. Mari kita teliti satu persatu.
-          Sarana dan Prasarana. Ngomongin sarana dan prasarana sekolah RSBi itu nggak akan luput dari dua benda ini; AC dan Wifi. Tapi sebetulnya yang perlu diperhatikan bukan hanya itu. Sekitar 85% waktu kita itu kita habiskan di ruang kelas. Jika satu kelas terdapat 32 murid, dan satu murid minimal butuh 1 meter ruang, maka harus ada sekitar 32 m2 ruang, belum termasuk untuk guru dan papan tulis. Juga, jangan anggap enteng pengaruh warna dan udara dalam ruangan tersebut, karena pasti akan menimbulkan efek psikologis pada warga sekolah. Bukan hanya ruang kelas, toilet dan lorong-lorong pun perlu mendapat perhatian.
-          Para murid. Siapa yang bakalan tidak percaya kalau murid Smansabo itu pinter? Kalau nyebutin nama almamater Smansabo itu banggaaaa sekali rasanya. Tapi kalau boleh tahu, kalau boleh bertanya kesemua anak Smansabo, siapa sih yang menganggap diri mereka sendiri pintar. Kebanyakan pasti bakalan menundukkan kepala seakan berdoa bersama. Murid Smansabo itu punya satu kelemahan, mereka ndak tau seberapa pinter kita dan seberapa jauh kita bisa. Kebanyakan dari mereka kurang mendapat ruang, bayangkan saja kapan waktu mengikuti dan mempersiapkan lomba?
-          Kegiatan belajar mengajar. Saya tidak akan mengomentar siapapun untuk hal ini, semau guru, murid dan kurikulum di Smansabo ini sangat berkualitas. Tapi hanya perlu disadari dan ditilik kembali saja keefektifannya. Dalam seminggu akan ada 51 jam pelajaran setiap minggu. Wow! Dengar-dengar, sekolah kota sebelah yang statusnya sama seperti kita hanya memiliki 43-45 jam setiap minggu. Bagaimana para murid tidak iri ketika perbedaannya hampir 10 jam? Bagaimana tidak capek? Belum lagi para murid yang merasa dirinya ‘kurang’ seperti disenggol di point kedua, mengambil bimbingan. Bayangkan jika dari 51 jam yang terdiri atas 14 mata pelajaran, dan dalam satu minggu anggap saja ½ diantaranya memberi tugas untuk dikumpulkan minggu depan. Kapan para murid mengerjakannya? Hari minggu? Ketika seluruh pekerja negara dan pelajar di dunia libur? Come on! Memang benar, kita dituntun lebih dari yang lain, benar kalau ingin maju harus selangkah lebih depan. Tapi jangan berlari terlalu cepat ketika kaki belum punya tulang yang kuat. Yang kita tau, kita hanya datang bersekolah, belajar, pulang. Tidak punya waktu mengenal lingkungan. Tapi kita diminta mengurus kebersihan kelas? Para ibu bisa-bisa akan mengeluh nanti, dirumah anak kebanggaan mereka tidak pernah mereka minta menyapu, kenapa disekolah harus? Padahal sekolah sudah menuntut murid pulang sore-mengerjakan tugas hingga larut malam-tidur-berangkat lagi. Masih sempat mengurus yang lain?
Dari awal saya sudah minta maaf bukan? Huft, harusnya kita semua introspeksi, saya menulis ini jgua introspeksi, tidak ingin menjilat ludah sendiri. Sekolah kita sudah dikenal banyak orang diberbagai daerah, termasuk angkatan pertama RSBI dan termasuk sekolah terbaik di Jawa Timur dengan alumninya yang akhirnya menjadi ‘orang’. Tapi para alumnus yang menjadi orang itukan dulu, ketika Smansabo belum berstatus RSBI, ketika Kipas angin belum tergantikan AC dan ketika para murid masih memiliki jam tidur siang. Kalau sekarang? Belum ada yang tahu, hanya kita yang bisa memperjuangkan dan waktu yang membuktikan.















                                                                                                                                                                   



PENUTUP

Kesimpulannya adalah SMA Negeri 1 Bojonegoro merupakan sekolah yang sangat baik, hanya saja ada beberapa hal yang perlu di benahi lagi untuk menjadi sekolah yang lebih baik.
Demikianlah karya ilmiah yang saya kerjakan. Semoga dapat menambah pengetahuan anda, dan bermanfaat untuk para pembaca. Dan saya mohon kritik dan sarannya dari masyarakat khususnya para pembaca terutama yang bersifat membangun agar saya dapat menyempurnakan karya ilmiah saya ini. Bila ada kekurangan dalam karya ilmiah yang saya kerjakan ini, saya mohon maaf dan mohon di maklumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Other Information

Ikuti Terus Blog ini ya...
Oiya,, bagi para pengikut,, Add FB aku juga ya.. di Indriyanti Agutina Putri dan my twitter @2096park